Di Batu Bara Ribuan Hektar Tanaman Padi Terancam Gagal Panen

Incarkasus.com, Batu Bara 20 Agustus 2021

Banjir musiman akibat musim penghujan ditambah kiriman dari air dari Hulu akibatkan merendam ribuan pemukiman warga di 4 Kecamatan yang ada di 31 Desa dan merusak ribuan hektar sawah dan terancam gagal panen akibat terendam.

Menurut Data yang di Terima dari Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Batu Bara Muhammad Sa’ban Efendi Harahap, SE, menyebutkan curah hujan yang tinggi dalam sepekan ditambah debit air yang cukup besar dari hulu penyebab terjadi banjir.

Menurut Keterangan menyebutkan sekira 5.806 pemukiman warga mengalami banjir yang terdiri dari 4 Kecamatan yakni Kecamatan Talawi, Kecamatan Datuk Tanah Datar, Kecamatan Sei Balai, dan Kecamatan Nibung Hangus” jelas Kepala BPBD Batu Bara.

Disebutkan lagi , bahwa bukan hanya rumah yang terendam banjir, bahkan tidak sedikit lahan persawahan dan lahan perkebunan yang ada di 4 kecamatan tersebut juga terendam banjir, yaitu sebanyak 4.778,5 hektar yang sudah terdata oleh pihak BPBD Batu Bara berdasarkan data laporan bencana tertanggal 18/8/2021. sebut Saban.

Sa’ban juga menjelaskan dari 31 Desa di 4 Kecamatan tersebut hingga kini ketinggian debit air bekisar 50 – 100 Cm, dibeberapa titik lokasi, air sudah mulai surut, namun di beberapa tempat yang lain air masih menggenangi rumah warga.

Diketahui sampai dengan tertanggal 20/8/2021, Pukul 15.00.Wib. banjir mulai berangsur surut, namun ribuan hektar sawah masih terlihat tergenang.

Fadly

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *