Ribuan Keturunan Si Raja Oloan Hantar Zahir – Aslam Rayuda Menuju Pilkada Batu Bara

Uncategorized26 Dilihat

Incarkasus.com 25 Oktober 2024

Ribuan keturunan (Pomparan) si Raja Oloan yang didalamnya termasuk marga Naibaho menghantar (Paborhathon) Cabup dan Cawabup Batu Bara Zahir – Aslam Rayuda untuk mengikuti kontestasi Pilkada Batu Bara tahun 2024. 

Kegiatan tersebut berlangsung di halaman Rumah Makan PMH Jalan Lintas Sumatera Desa Petatal Kecamatan Datuk Tanah Datar Kabupaten Batu Bara, Kamis (25/10/24). 

Penanggung jawab acara Sudiarto Naibaho, menjelaskan Pomparan Si Raja Oloan menghantarkan Zahir – Aslam Rayuda Menuju Pilkada Batu Bara bukan tanpa dasar. 

“Meski bersuku Melayu, namun Aslam Rayuda memiliki darah Batak karena ibunya adalah boru Naibaho, (Reima Sundika Naibaho),” jelas Sudiarto Naibaho. 

Untuk itu, keluarga pomparan Si Raja Oloan menyambut dengan suka cita dan memberikan dukungan pada perjuangan Aslam Rayuda selaku “bere” (Keponakan) mereka yaitu dengan melaksanakan acara Paborhathon Bere (Menghantar keponakan) ni Si Raja Oloan tersebut. Dengan antusias dan sangat yang tinggi, ribuan warga Batak dari berbagai daerah di Kabupaten Batu Bara tumpah ruah pada acara yang berlangsung sejak pagi  hingga petang tersebut. 

Mereka yang hadir berasal dari keluarga Pomparan Si Raja Oloan yang terdiri dari 6 marga (Naibaho, Sihotang, Bakara, Sinambela, Sihite dan Simanullang). Selain itu juga dari pihak Tulang (Paman)  yaitu dari marga (Malau, Limbong & Pasaribu) turut memberikan doa restunya. 

Seluruh marga dari Pomparan Si Raja Oloan dan Tulang yang hadir secara bergantian memberikan restu secara adat Batak, termasuk mangulosi pasangan Zahir-Aslam. 

Saat memberikan ulos, seluruh marga menyerukan segenap warga Batak di Kabupaten Batu Bara khususnya keluarga pomparan Si Raja Oloan jangan ragu-ragu untuk memenangkan Zahir-Aslam dengan mencoblos nomor 3 pada Pilkada Bupati Batu Bara pada 27 November 2024 mendatang. 

Menerima kehormatan besar secara adat Batak, Ir. H. Zahir, M.AP menyampaikan apresiasi yang tinggi serta rasa terima kasih yang besar atas dukungan dan restu dari keluarga besar Si Raja Oloan tersebut. 

Menurut Ketua DPC PDIP Kabupaten Batu Bara ini, dukungan tersebut menambah keyakinan dan semangat bahwa pada Pilkada nanti pasangan Zahir-Aslam akan meraih kemenangan dan menjadi Bupati-Wakil Bupati Batu Bara periode 2025-2030. 

Ditegaskan Bupati Batu Bara periode 2018-2023 ini, pada Pilkada nanti rakyat Batu Bara akan memilih pemimpin yang layak menjadi sosok yang dituakan di kabupaten ini. 

Sosok yang dipilih adalah yang diyakini dan telah teruji dalam memimpin dan membangun daerah berlaku adil tanpa membeda-bedakan atas dasar suku, golongan maupun agama. 

Zahir juga menegaskan, dirinya telah membuktikan kepemimpinan yang adil tersebut, yang telah melakukan pembangunan di semua daerah Kabupaten Batu Bara tanpa memandang daerah tersebut dihuni oleh suku apa, agama apa atau golongan apa, melainkan sepenuhnya atas dasar kebutuhan masyarakatnya. 

“Untuk melanjutkan program-program pembangunan yang saat ini terhenti, kami meminta dukungan kepada segenap warga Batu Bara khususnya dari keluarga pomparan Si Raja Oloan untuk memenangkan Zahir-Aslam pada Pilkada 27 November 2024 nanti,” pintanya yang direspon seluruh warga Batak yang hadir. Pada kesempatan itu, mantan anggota DPRD Sumut Fraksi PDIP periode 2014-2019 ini menggambarkan kebersamaan dalam keragaman dari pasangan Zahir-Aslam Rayuda. 

“Zahir seorang putera Melayu dengan isterinya Maya Indriasari, SE seorang puteri Jawa, berpasangan dengan calon Wakil Bupati Aslam Rayuda yang lahir dari rahim seorang ibu dari suku Batak. Selain itu, kami juga memiliki teman yang sangat luas dari berbagai suku lainnya seperti Minang, Aceh dan lainnya. Karenanya, kelak kami akan menjalankan pemerintahan dengan prinsip pemerataan bagi semua,” tegasnya. 

Sebagai “selingan setengah humor” tentang pasangan Zahir putera Melayu dengan Aslam Rayuda yang juga berdarah Batak, Zahir menyampaikan pantun:
‘Kayu bukan sembarang kayu,
Kayu dibelah dengan kampak,
Melayu bukan sembarang Melayu, 
Ini Melayu sudah bersama orang Batak’. 

Hadir pada kegiatan tersebut, Sekretaris Jenderal Persatuan marga Naibaho seluruh Indonesia, Richard Naibaho. 

Richard Naibaho menyerukan agar segenap warga Batak terutama dari keluarga pomparan Si Raja Oloan di Batu Bara mendukung dan memenangkan Zahir-Aslam pada Pilkada nanti. 

Sebelumnya juga turut menyampaikan kata-kata sambutan dari pihak Tulang Naibaho, dari marga Malau, Limbong dan Pasaribu. 

Sementara Ketua Panitia Jhon Walker Manullang dan penanggung jawab acara Sudiarto Naibaho, dalam kata sambutannya pada intinya menyebutkan hakekat kegiatan suku Batak tersebut. 

“Inti acara ini merupakan silaturahmi antar warga sesama marga yang bernaung di pomparan Si Raja Oloan. Sekaligus untuk memenangkan pasangan nomor urut 3, Zahir-Aslam Rayuda pada Pilkada 27 November 2024 mendatang,” tutupnya.

R. Hutagaol

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *