Jalin Sinergitas KPU Pinta Disdukcapil Sikapi Pemilih Pemula Belum Miliki e-KTP

Uncategorized75 Dilihat

Incarkasus.com 2 Oktober 2024

Didasari Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada Kabupaten Batu Bara 2024  diketahui telah terjadi peningkatan jumlah pemilih dibanding DPT Pemilu serentak terdahulu

Peningkatan jumlah pemilih sebanyak kurang lebih 7.000 orang, dari jumlah tersebut sebanyak 6.400 lebih pemilih pemula yang belum memiliki e-KTP. Jelas,” Plh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Batu Bara Burhan kepada awak media. 2 Oktober 2024. 

Berkaitan dengan hal tersebut  Burhan juga mengatakan,” pihaknya telah melakukan koordinasi ke Dinas Kependudukan & Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Batu Bara. 

Beberapa hari lalu kita telah berkoordinasi ke
Plt. Kadis Dukcapil Kabupaten Batu Bara, Rahmad Khaidir Lubis, dan pada kesempatan itu juga, kita berharap sinergitas Disdukcapil Kabupaten Batu Bara dalam hal memberikan layanan khusus tentang perekaman e-KTP untuk  pemilih pemula dan pemilih yang belum memiliki e-KTP. Papar,” Burhan. 

Burhan juga menambahkan, saat koordinasi pihaknya telah menyerahkan data by name by address yang belum memiliki e-KTP pada Disdukcapil Kabupaten Batu Bara. 

Selain itu Burhan menerangkan, koordinasi untuk perekaman dan pembuatan e-KTP untuk memastikan seluruh masyarakat yang telah memenuhi syarat untuk memilih agar dapat menggunakan hak pilihnya di Pilkada serentak 27 November 2024 mendatang. 

Ditempat terpisah, Plt. Kadis Dukcapil Kabupaten Batu Bara, Rahmad Khaidir Lubis juga menjelaskan, bahwa pihaknya 
sangat mendukung pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah serentak tahun 2024.

Sebagai bentuk dukungan, Rahmad Khaidir menjelaskan Disdukcapil Kabupaten Batu Bara akan terus melaksanakan roadshow layanan Dukcapil ‘Go To School’ dan mengunjungi SMA dan SMK se Kabupaten Batu Bara untuk melakukan perekaman e-KTP secara langsung.

Lebih lanjut, Rahmad Khaidir, Disdukcapil telah meluncurkan Pelayanan Administrasi Kependudukan Mobil Keliling untuk memberikan pelayanan bagi warga Desa termasuk perekaman e-KTP. 

Kegiatan Dukcapil ‘Go To School,
merupakan upaya pemerintah, khususnya untuk percepatan kepemilikan e-KTP bagi pemilih pemula dan penduduk lainnya, baik yang berada di dalam maupun luar wilayah Kabupaten Batu Bara, bertujuan untuk mendukung pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2024,” ungkap Rahmad Khaidir Lubis.

R. Hutagaol

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *