Batu Bara Jadi Contoh Kerukunan Antar Umat Beragama

Incarkasus.com, Batu Bara 10 Desember 2020

Kabupaten Batu Bara ditetapkan sebagai salah satu dari tiga kabupaten contoh kerukunan umat beragama di Provinsi Sumatera Utara.

Pemkab Batu Bara menyampaikan terimakasih kepada FKUB (Forum Kerukunan Umat Beragama) Propinsi Sumatera Utara yang menetapkan Kabupaten Batu Bara yang masyarakatnya majemuk, dan beragam suku,

sebagai salah satu kabupaten yang berhasil menciptakan kerukunan antar ummat beragama.

Bupati Batu Bara H Zahir diwakili Asisten I Setdakab Russian Heri, saat membuka Dialog Desa Sadar Kerukunan, yang digelar FKUB Kabupaten Batu Bara, di Aula Kantor Bupati Batu Bara, Kamis (10/12/2020).

“Hal ini harus kita jaga, dan perlu ditingkatkan, sehingga isu SARA tidak terjadi sampai kapanpun di Batu Bara”, imbuh Rusian Heri, saat membacakan sambutan Bupati Zahir.

Ketua FKUB Kabupaten Batu Bara, Adnan Haris menjelaskan ada tiga kabupaten di Sumatera Utara dijadikan contoh kerukunan Antar Ummat Beragama yakni Batu Bara, Pak Pak Barat, dan Tapanuli Selatan.

“Kelurahan Lima Puluh Kota menjadi contoh Desa/Kelurahan Sadar Kerukunan Antar Ummat beragama di Kabupaten Batu Bara. Ini karena letak Gereja dan Masjid berdampingan namun tetap aman”, terang Kabag Kesra Setdakab Batu Bara itu.

Dengan 5 narasumber, dialog Desa Sadar Kerukunan bertujuan untuk meningkatkan rasa persaudaraan antar ummat beragama.

Peserta dialog merupakan tokoh dari seluruh organisasi keagamaan, tokoh masyarakat, tokoh adat, dan tokoh perempuan.

EP/ Batu Bara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *