Cegah Terjadinya Kerumunan, Pemerintah Batu Bara Terapkan PPDB Secara Online

Incarkasus.com, Batu Bara 25 Juni 2021

Pemkab Batu Bara melalui dinas pendidikan pada massa Covid-19 ini memberlakukan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran (TP) 2021/2022 secara online.

Hal ini dilakukan untuk menghindari kerumunan massa di setiap sekolah yang melaksanakan PPDB.

Selain menghindari kerumumnan masyarakat Batu Bara diberikan kemudahan mendaftarkan anak – anak secara online melalui laman yang telah disediakan oleh Dinas pendidikan dengan nama Laman PPDB online SD dan SMP.

Laman ini dapat digunakan para calon siswa ataupun para orang tua untuk mendaftarkan anak – anak kesekolah yang dituju melalui hp android.

Tidak hanya itu, para orang tua maupun calon siswa dapat mendaftar kapan saja dan dimana saja baik malam, subuh maupun siang dan operator sekolah setiap hari standby.

Sistem pendaftaran tahun ini diberlakukan dengan cara zonasi yang mengutamakan masyarakat setempat, umur juga prestasi.

Kemudahan lain pada laman tersebut, masyarakat bisa mengetahui sekolah mana saja yang masih menerima ataupun sekolah yang sudah mencukupi kuota siswa, misalkan sekolah A yang dituju namun kuota sudah mencukupi dan calon siswa bisa mendaftar kesekolah lain yang siswanya belum mencukupi kuota, namun tetap dengan zonasi.

Bahkan para calon siswa bisa mendaftar dibeberapa sekolah namun bagi operator sekolah yang cepat memvalidasi maka calon siswa tersebut menjadi siswa sekolah tersebut, contohnya Bunga mendaftar kesekolah A dan sekolah B dan 2 sekolah ini sudah menerima pendaftaran, namun yang lebih duluan yang memvalidasi sekolah A, maka si anak tadi otomatis menjadi siswa sekolah A.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Batu Bara Ilyas S Sitorus SE M.Pd kepada wartawan saat melakukan peninjauan pelaksanaan PPDB di SMP N I Air Putih sekira pukul 8.30 – 11.30 wib Kamis 24/06/2021.

Lanjut Kadisdik Ilyas, PPDB hari ini sudah hari keempat berjalan dan Alhamdulillah berjalan lancar baik, walaupun ada kendala hanya sedikit dan saya melihat melalui aplikasi yang saya pegang itu para operator melakukan pekerjaan hingga malam hari untuk membantu orang tua atau wali siswa yang mungkin masih belum dapat memanfaatkan aplikasi dengan baik. Sehingga calon siswa terbantu oleh operator sekolah.

” Dalam mendaftar online sampai hari ini sekira pukul 9.30 wib sudah 3342 siswa dan 2600 siswa se Kabupaten Batu Bara yang sudah tervalidasi, dan ini menurut para kepala sekolah akan terus bertambah” ujar ncekli panggilan akrab Ilyas

Kadisdik juga mengatakan, PPDB secara online ini lebih besar peminatnya daripada mendaftar secara offline.

Sementara Kepala UPTD SMPN I Air Putih Edison Rajagukguk S.Pd MM mengatakan, dengan adanya PPDB online ini sangat membantu para orang tua siswa yang akan mendaftarkan anaknya karena mereka tidak lagi perlu datang ke sekolah, cukup dirumah aja, dan hal ini juga sangat mengurangi kerumunan di massa Covid-19.

” Terima kasih Kadisdik Batu Bara bapak Ilyas Sitorus yang telah berinovasi dalam penerimaan peserta didik baru secara online” ungkap Edison.

Pada hari yang sama, sekira pukul 13.00 – 14.30 wib Kadisdik juga melakukan peninjauan PPDB ke SMP N 1 Datuk Tanah Datar.

Sesampai di sekolah tersebut, Kepala UPTD SMP N I Datuk Tanah Datar Hotmaida S.Pd, para guru dan operator sekolah terlihat sibuk dengan pekerjaan masing- masing.

Kepada wartawan Hotmaida mengatakan, sangat terkejut kedatangan orang nomor satu di dinas pendidikan itu ke sekolah yang dipimpinnya secara mendadak.

” Ya merasa kaget juga, tiba – tiba pak Kadis datang, dan kami tidak menyangka kalau pak Kadis mau datang ke sekolah kami, namun kami senang dan bangga atas kehadiran beliau (Ilyas Sitorus)” katanya.

Dia juga mengatakan, ada sedikit kendala dalam penerimaan siswa secara online karena jaringan lelet, namun selaku panitia pihaknya terus berupaya se maksimal mungkin untuk membantu para orang tua siswa untuk mendaftarkan anaknya secara online.

” Hari ini sudah 118 siswa yang mendaftar dan apabila kuota 160 belum tercapai maka kami akan membuka pendaftaran tahap 2″ katanya.

” Bagi siswa yang tidak mempunyai kuota internet ataupun tidak memiliki hp android, kami akan terus membantu para calon siswa yang akan mendaftar” tutup Kepala UPTD SMP N I Datuk Tanah Datar.

Pada pelaksanaan PPDB secara online ini setiap sekolah yang dikunjungi sepi dari masyarakat maupun para calon siswa yang mendaftar.

Keterangan Photo, Kadisdik bersama Kepala Sekolah dan para operator aplikasi PPDB online.

FP

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *