Deprecated: Creation of dynamic property Newkarma_Core_Breadcrumbs::$settings is deprecated in /home/sdnampen/incarkasus.com/wp-content/plugins/newkarma-core/lib/breadcrumbs.php on line 87

Intensitas Hujan Cukup Tinggi Akibatkan Desa Lubuk Cuik Banjir

Berita, Peristiwa53 Dilihat

23 November 2022

Diperkirakan intensitas hujan masih cukup tinggi akibatnya aliran sungai Bahbolon meluap hingga merambah ke Perk Tanah Itam Hulu (TIU) yang berujung mengenangi ke parit-parit diperkebunan kelapa sawit akhirnya melimpah kepemukiman masyarakat Dusun I Desa Lubuk Cuik, Kecamatan. Lima Puluh Persisir, Kabupaten.Batu Bara, berkedalaman 10 cm sampai dengan 20 cm.

Diketahui masuknya air ke pemukiman masyarakat Dusun I Desa Lubuk Cuik, 22 November 2022 pukul 8 : 00 wib, namun pada pukul 17 : 00 wib air tampak mulai surut, tetapi pada pukul 22 : 10 wib malam hujan di wilayah Kabupaten Simalungun dan Kabupaten Batu Bara kembali mengguyur, akhirnya pada 23 November 2022 pukul 05 : 00 wib luapan  aliran sungai bahbolon meninggi hingga merambah ke Perk Tanah Itam Ulu (TIU), ujungnya air kembali melimpah ke parit-parit perkebunan kelapa sawit, selanjutnya merambah  ke pemukiman masyarakat Dusun 1 Desa Lubuk Cuik. Kecamatan. Lima Puluh Pesisir, Kabupaten. Batu Bara dengan ketinggian 50 Cm sampai dengan 100 Cm. 

Setelah menerima Informasi luapan air semakin membesar hingga merambah ke Dusun I, Desa Lubuk Cuik, tepat pada 23 November 2022 pukul 17.00 wib Kapolres Batu Bara AKBP Jose DC Fernandes.S.IK  langsung bergerak menuju lokasi bertujuan untuk melakukan pengecekan pemukiman masyarakat terdampak banjir akibat luapan air dari parit perkebunan kelapa sawit Tanah Itam Ulu (TIU) dan luapan aliran sungai bahbolon Kabupaten Simalungun.

Selain Kapolres Batu Bara AKBP Jose DC Fernandes.S.IK, pengecekan tersebut diikuti juga oleh,” Kabag Ops Kompol Imam  Alriyuddin.SH.MH, Kasat Samapta AKP DP Sinaga.SH.MH, Kasat Binmas AKP Agus Ita Lestari br Ginting S.IK. M.Si, Kapolsek Lima Puluh AKP Rusdi.SH.MM, KBO Sat Lantas Iptu J.Manurung, Kanit Regiden Ipda Riki Hamdany.SE, para Personel Patroli Sat Samapta Polres Batu Bara dan para Personil Polsek Lima Puluh. 

Dalam pengecekan itu juga para PJU Polres Batu Bara secara langsung memberikan bantuan kepada masyarakat yang menjadi korban banjir, berupa,” Beras 30 sak/5 Kg, Selimut 30 Pcs dan Mie Instan 10 Kotak yang dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan bagi masyarakat yang tertimpah musibah banjir. 

Berpedoman melalui pendataan masyarakat terkena dampak banjir Dusun I, Desa Lubuk Cuik berjumlah 44 KK dan tidak ditemukan korban jiwa, sedangkan untuk kerugian materi, belum dapat di taksir.

Prediksi untuk sementara diperkirakan dan tidak menutup kemungkinan luapan sungai bahbolon akan semangkin meluas, mengingat intensitas hujan saat ini terhitung masih cukup tinggi, tentunya tidak juga menutup kemungkinan bertambahnya masyarakat yang terdampak banjir akibat luapan air sungai yang diduga akan semakin membesar.

Untuk mengantisipasi, langkah yang dilakukan,” Pendataan masyarakat yang terdampak banjir, selanjutnya mengevakuasi masyarakat yang rumahnya tergenang air ke dataran yang lebih tinggi atau kerumah keluarga yang tidak terkena banjir. 

Pada saat ini Personel Polres Batu Bara bersama Dinas BPBD Kabupaten. Batu Bara tetap standby dan siaga disekitaran lokasi banjir akibat luapan air sungai guna untuk mengantisipasi luapan susulan.

R. Hutagaol.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *