Kapolres Pimpin Ops Yustisi Gabungan TNI-Polri dan Pemkab Batu Bara Antisipasi Malam Takbiran

incarkasus.com, Batu Bara 20 Juli 2021

Polres Batu Bara melaksanakan Patroli antisipasi Malam Takbiran dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha 1442 H bersama TNI dan Pemkab Batu Bara, Senin (19/7/2021) malam.

Selain itu juga digelar kegiatan peninjauan Pos Penyekatan, Operasi Yustisi dan pelaksanaan Testing Swab Antigen di Wilayah Hukum Polres Batu Bara dalam rangka antisipasi penyebaran Virus Covid-19.

Kapolres Batu Bara AKBP Ikhwan Lubis langsung memimpin pelaksanaan Ops Yustisi dengan menyasar pos penyekatan dan sejumlah cafe.

Sedangkan dasar pelaksanaan Ops Yustisi gabungan disebutkan Kapolres adalah Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 Tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia, Instruksi Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2021  Tanggal 09 Juli 2021.

Juga didasari Surat Perintah Kapolres Batu Bara No Sprin / 717/ VII / 2021 tentang giat penyekatan dalam rangka penyegahan virus Covid-19 di Kabupaten Batu Bara serta 

Surat Perintah Kapolres Batu Bara No Sprin / 731/ VII / 2021 tentang giat Patroli Antisipasi Malam Takbiran dalam rangka Hari Raya Idul Adha 1442 H.

Untuk menunjang keberhasilan Ops Yustisi gabungan dikerahkan 107 personil terdiri dari Polri sebanyak 79 Personil  hadir lengkap, dari TNI 

sebanyak 14 Personil, Pol PP sebanyak 4 Personil, DISHUB sebanyak 4 Personil dan Tim medis sebanyak 6 Personil.

Kegiatan yang dilaksanakan adalah melaksanakan gatur lalin, melakukan teguran dan memberikan Masker terhadap para pengendara yang tidak mematuhi Prokes yang melintas dari Wilkum Polres Batu Bara serta memberikan imbauan kepada masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan.

Juga pelaksanaan SWAB Antigen terhadap masyarakat yang dilaksanakan secara acak pada Pos Penyekatan, Lapangan Indra Sakti dan lokasi rawan kegiatan masyarakat lainnya.

Sebelum menggelar Ops Yustisi gabungan, Kapolres pada apel kesiapan memberi penekanan agar tidak ada Personil yang bertindak dengan arogansi. Personil diminta laksanakan tugas dengan tegas namun humanis.

Selanjutnya pada pemaparan teknis, Kabag Ops Kompol Hendri ND Barus mengingatkan Patroli malam dilaksanakan sesuai dengan Instruksi Mendagri.

“Kita laksanakan pembatasan dalam giat masyarakat, jangan sampai timbul klaster baru Covid-19 ini, dan diharapkan kasus harian kita tidak meningkat”, harapnya.

Diungkapkan Kabag Ops, sesuai data yang ada, lokasi rawan keramaian masyarakat berada di Kecamatan Air Putih dan di Sei Suka. Dengan situasi tersebut target sasaran mengarah di wilayah Air Putih dan Sei Suka.

Selain menyasar tempat tempat keramaian, tim juga melaksanakan penyerahan Paket Makanan, Minuman, Suplemen Multi Vitamin terhadap Personil di Pos Penyekatan Lima Puluh dan Pos Penyekatan Simpang Kuala Tanjung sebagai dukungan moril dari pimpinan terhadap personil yang melaksanakan tugas di lapangan.

Tim Ops gabungan diminta melaksanakan imbauan, Ops Yustisi, pembubaran kerumunan masyarakat, penyekatan Jalan, dan Patroli antisipasi Malam Takbiran dalam rangka Idul Adha 1442 H serta melaksanakan SWAB Antigen secara acak di lokasi rawan kegiatan masyarakat. 

Ketika tiba di Kafe Angkringan Mology Simpang Bodrek  Sipare Pare Kecamatan Air Putih, tim melakukan Swab Antigen secara acak kepada pengunjung kafe. Dari 5 pengunjung yang di Swab semuanya negatif Covid-19.

Kemudian di Cafe Kreji Pubs Kelurahan Indrapura Kecamatan Air Putih sebanyak 6 pengunjung di tes Swab dan hasilnya juga negatif.

Usai menggelar Ops Yustisi dan peninjauan pos penyekatan dikatakan Kapolres bahwa hingga sampai pukul 23.00 Wib situasi di Pos Penyekatan Simpang Terminal Sei Bejangkar dan Pos Penyekatan Simpang Kuala Tanjung  dalam keadaan aman dan kondusif, arus lalin lancar dan terkendali.

Rizal Hutagaol

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *