Mesin Tidak Bisa Stop, Ferry Tabrak Dermaga Pelabuhan Lembar Lombok Barat

Peristiwa20 Dilihat

incarkasus.com, Lombok Barat-NTB  04 Juni 2021

Kapal Ferry penyeberangan yang hendak sandar di pelabuhan penyeberangan ASDP Lembar Kabupaten Lombok Barat NTB menabrak dermaga hingga rusak.

Kapolsek Kawasan Pelabuhan Lembar Polres Lombok Barat Polda NTB, Iptu I Made Dharma Y. P., STK, SIK, Jumat (4/6/2021) mengatakan akibat tabrakan yang terjadi Rabu (2/6/2021) tersebut, menyebabkan Dermaga I saat ini masih ditutup untuk sementara waktu.

“Menunggu proses perbaikan selesai oleh pihak tekait, namun dipastikan tidak sampai mengganggu arus penyeberangan di Pelabuhan Lembar”, ungkapnya.

Insiden ini terjadi saat salah satu Kapal Ferry Penyeberangan akan sandar di Dermaga dalam posisi maju perlahan karena pada saat bersamaan sedang passing dengan kapal lainnya.

“Tiba-tiba mesin kanan tidak bisa distop, dan tidak bisa dimundurkan, mengakibatkan kapal maju terus sehingga menabrak MB I,” terang Kapolsek.

Akibat peristiwa tersebut Pender, Cawalk, MB, dan tiang hidrolik MB mengalami kerusakan, sehingga jadwal kapal berikutnya melakukan proses bongkar muat di Dermaga II Pelabuhan penyeberangan ASDP Lembar.

“Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam insiden ini, hanya dua unit Kendaraan Truk Sedang (TS) mengalami rusak ringan bagian depan, dan sedang diselesaikan dengan pihak tekait”, tuturnya.

Selama proses perbaikan, jajaran Polsek Kawasan Pelabuhan Lembar memasang garis pembatas, sebagai tanda peringatan bahwa Dermaga I sedang dalam proses perbaikan.

“Sebagai peringatan agar pengguna jasa tidak mendekati lokasi, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, dan tetap dillakukan penjagaan”, imbuhnya.

Terkait insiden ini, proses bongkar muat di Pelabuhan penyeberangan Lembar, dipastikan masih berjalan normal, dan dipastikan Dermaga lainnya masih bisa menampung proses bongkar muat ini.

“Pelabuhan penyeberangan Lembar memiliki tiga Dermaga dan satu Dermaga darurat yang dapat digunakan pada situasi tertentu,” jelasnya.

Dimana, Dermaga II dan III sampai saat ini masih bisa menampung proses bongkar muat, sehingga aktifitas di Pelabuhan masih berjalan normal.

“Walaupun demikian, tetap dilakukan Koordinasi dengan pihak Otoritas Pelabuhan Lembar, untuk memastikan langkah-langkah pencegahan bila terjadi peningkatan intensitas volume kendaraan,” pungkasnya.

Sampai dengan saat ini, selama proses perbaikan berlangsung, terlihat personel Polsek Kawasan Pelabuhan Lembar bersama pihak tekait masih melakukan penjaaan ketat di lokasi.

EP

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *