Taman Rekreasi CITRA Pemandian Air Panas Teluk Sibayan Hilangkan Kepenatan Pengunjung

Uncategorized666 views

Incarkasus.com Batu Bara 18 Februari 2021.

Berkunjung ke Kabupaten Batu Bara Provinsi Sumatera Utara, pengunjung dimanjakan dengan banyaknya objek wisata menawan baik wisata pantai, wisata budaya dan juga wisata sembari mandi air panas yang menyehatkan dan menghilangkan kepenatan  badan.

Adalah objek wisata pemandian air panas Citra yang terletak di Dusun III Teluk Sebayan, Desa Sumber Padi Kecamatan Lima Puluh,  Batu Bara, Sumatera Utara. Sekitar  12 Km dari Lima Puluh, ibukota Kabupaten Batu Bara.

Sesampainya di lokasi permandian air panas, pengunjung disuguhi senyum ramah dan santun yang terlihat jelas terpancar di raut wajah pengusaha, pengelola dan karyawan Taman Pemandian Air Panas Citra yang terlihat nyaman dan mengasyikkan.

Pengusaha objek wisata permandian air panas, Citra Muliadi Bangun SE, seorang tokoh Masyarakat setempat menyebutkan air panas keluar dari perut bumi melalui pipa pipa dan kran yang dialirkan ke kolam kolam tempat pengunjung berendam.

Privasi dan kenyamanan pengunjung di objek wisata sangat  nyaman karena lokasi pemandian air panas Cira jauh dari kebisingan dan polusi serta terletak di pedesaan.

Memang saat perjalanan menuju lokasi objek wisata yang dapat ditempuh dari dua jalan masuk, pengunjung umumnya melalui jalan tanah berbatu sekitar 2 Km. Kondisi jalan tanah ada yang menurun, menanjak dan berkelok.

Dari satu jalan masuk yakni dari PKS Dolok Palm Oil Desa Perkebunan Dolok sepanjang perjalanan pengunjung disuguhi pohon sawit milik PT. Lonsum.

Sedangkan bila masuk dari jalan arah ke kantor Desa Sumber Padi, pengunjung melewati rumah rumah penduduk dan areal persawahan.

Kepada incarkasus.com, Citra menceritakan awal mula lokasi permandian air panas yang merupakan lokasi pembibitan ikan. Saat itu kondisi jalan belum sebagus saat ini karena masih banyak ruas jalan yang berlubang lubang dan sempit.

Namun kini akses jalan menuju lokasi permandian sudah berupa jalan rabat beton dan aspal, sehingga dapat dilalui kendaraan hingga roda 6.

Ketika pulang dari perantauan, Citra yang merupakan warga Desa Sumber Padi, hati nuraninya terpanggil untuk membangun kampung halamannya.

Citra berkeinginan memberdayakan warga penduduk setempat yang masih banyak masuk golongan tak mampu.

Pucuk dicinta ulam tiba. Bak kata pepatah, booring yang tadinya direncanakan menambah debit air untuk kolam pembibitan ternyata dapat difungsikan sebagai tempat permandian air panas.

Sambutan masyarakat sangat luar biasa ketika mengetahui di Dusun Teluk Sibayan Desa Sumber Padi telah hadir kolam air panas.

Air panas di Teluk Sibayan bahkan dipercaya dapat meyembuhkan sedikitnya meringankan berbagai penyakit setelah berendam di kolam air panas.

Manfaat luar biasa yang diperoleh dengan berendam air panas di objek wisata Citra menjadi viral setelah diceritakan dari mulut ke mulut oleh pengunjung yang merasakan manfaat dari berendam di tempat tersebut.

Akhirnya Citra mrmutuskan merenovasi kolam permandian untuk lebih memanjakan pemgunjung yang berendam.

Selain itu, Citra membangun musholla, tempat penitipan barang, pondok pondok tempat bersantai dan galery sandang pangan.

“Untuk jajanan sebagai souvenir kita bekerjasama dengan kelompok ibu ibu PKK Desa Sumber Padi yang memproduksi aneka cemilan mengasihkan. Kita juga menyediakan penganan khas Batu Bara lainnya seperti rengginang yang tentu dengan harga terjangkau”, papar Citra.

Selain menampung produksi kelompok usaha tempatan, objek wisata kebanggaan Batu Bara ini juga menciptakan lapangan kerja bagi warga Desa Sumber Padi serta menyumbang PAD bagi Pemkab Batu Bara.

“Kita saat ini memiliki 17 karyawan. Selain itu ada 20 orang lagi yang bertugas menjaga kendaraan pengunjung. Pokoknya pengunjung kita manjakan dengan pelayanan prima”, sambung anggota DPRD Batu Bara Fraksi PKS tersebut.

Tidak salah bila pengunjung atau wisatawan melirik objek wisata permandian air panas Citra ini  sebagai tujuan utama objek wisata menawan dan menyehatkan di Kabupaten Batu Bara.

Red / EP Batu Bara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.