Pelaksanaan Kegiatan Ronda Malam Di Desa Mandarsah Dapat Menjadi Lentera Keamanan Bagi Masyarakat.


                

Incarkasus.com Batu Bara 03  November 2020.

Tatanan Pelaksanaan kegiatan Jaga Malam (Ronda) yang dilakukan masyarakat secara bergilir merupakan kegiatan sosial kemasyarakatan yang bertujuan untuk menciptakan keamanan, dan kenyamanan bagi seluruh masyarakat. 

Selain untuk menciptakan keamanan dan kenyamanan,  pelaksanaan kegiatan jaga malam (Ronda) yang dilakukan masyarakat secara bergilir, tentunya dapat juga meningkatkan hubungan silaturahmi bagi masyarakat Desa Mandarsah. Kecamatan. Medang Deras Kabupaten Batu Bara.

Gagasan pembetukan pelaksanaan kegiatan jaga malam (Ronda) di Desa Mandarsah tentunya tidak terlepas juga dari peran serta para Kepala Dusun. 
Alasanya, tatanan jaga malam (Ronda) yang telah dibentuk dan ditetapkan secara bergilir sangat terlihat apik dan rapi, kendati pada sore harinya pemberitahuan tetap dilakulan oleh Kepala Dusun kepada masing-masing masyarakat yang mendapat giliran jaga malam (Ronda).

Dalam pelaksanaan kegiatan jaga malam (Ronda) yang dilakukan secara bergilir tersebut, terselip kebanggaan tersendiri bagi masyarakat seketika mengetahui dan melihat kepedulian oknum TNI yang merupakan Babinsa Desa juga turut hadir untuk melakukan control situasi Desa bersama masyarakat.

Yang menjadi pertanyaan bagi masyarakat yang melaksanakan kegiatan jaga malam (Ronda) kenapa hanya Oknum TNI yang merupakan Babinsa Desa yang memiliki rasa kepedulian kepada masyarakat.
Bagaimana dengan oknum Polri yang merupakan Babinkamtibamas Desa Mandarsah sama sekali tidak memiliki rasa kepedulian pada kegiatan jaga malam (Ronda) yang dilakukan masyarakat. 

Sementara itu masyarakat  juga mengetahui fungsinya Babinkamtibas di Desa. Harapan dari beberapa masyarakat yang mendapat giliran jaga malam (Ronda) hendaknya Babinkamtibmas Desa juga dapat melakukan hal yang sama seperti yang lakukan Babinsa Desa sebagai upaya untuk menciptakan keamanan Desa bersama masyarakat.

Rudi/Redaksi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *