Pantau Pulau Terluar, Polsek Sekotong Polres Lombar Patroli di Shopia Lusia

Kepolisian5 Dilihat

incarkasus.com, Lombok Barat-NTB

Polsek Sekotong Polres Lombok Barat (Lombar) Polda NTB melakukan patroli dan lemantauan langsung  pulau terluar Sepatang alis pulau Shopia Lusia di Dusun Panggang Desa Buwun Mas Kecamatan Sekotong Kabupaten Lombok Barat.

Kapolsek Sekotong Iptu I Kadek Sumerta, SH, Selasa (1/6/2021) mengatakan pemantauan yang dilakukan

Senin (31/5/2021) untuk memastikan kondisi di pulau terluar Indonesia yang berbatasan dengan Australia,

“Di Lombok Barat, terdapat pulau terluar yang dikenal dengan nama Sepatang atau orang Australia menyebutnya dengan nama Shopia Lusia”,  ungkapnya.

Walaupun tidak berpenghuni, Polsek Sekotong tetap melakukan pemantauan minimal satu minggu sekali, melalui pos pantau pulau terluar Shopia Lusia.

“Pemantauan kondisi Pulau Sepatang atau Shopia Luisa yang paling memungkinkan dilakukan di Pos Pantau Dusun Panggang Desa Buwun Mas Kecamatan Sekotong”,  ucapnya.

Menurutnya, kondisi akses jalan menuju Pos Pantau Pulau terluar yang dimilikinya, cukup sulit dimana masih kondisi jalan tanah, dan medan berbukit, sehingga dengan kondisi ini harus memutar terlebih dahulu.

“Bila tidak ingin memutar, bisa melewati salah satu muara di Buwun Mas, itupun baru bisa dilewati bila air laut sedang surut,” pungkasnya.

Adapun kegiatan oatroli pemantauan pulau terluar adalah untuk mencegah adanya aktivitas warga, yang bisa membahayakan keselamatan.

“Yang terpenting adalah tidak ada aktifitas di Pulau ini, apalagi  dari Negara Asing, dan menjaga pulau tersebut demi kedaulatan NKRI dan pulau terluar ini sangat potensial dijadikan lokasi wisata”, jelasnya.

Sedangkan Lokasi Pemantauan di Dusun Panggang Desa Buwun Mas, menunjukan bahwa Lokasi ini masih jarang dijamah atau di kunjungi.

“Terdapat dua lokasi pemantauan, diantaranya melalui Bukit dengan menggunakan teropong atau mendatangi langsung lokasi melalui Pantai Panggang,” katanya.

Kapolsek berharap, melalui pemantauan Pulau Terluar ini, tidak ada pihak-pihak asing yang mengusik kadaulatan NKRI, dan situasi kamtibmas di Tempat Terpencil ini tetap dalam keadaan aman.

EP

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *