Deprecated: Creation of dynamic property Newkarma_Core_Breadcrumbs::$settings is deprecated in /home/sdnampen/incarkasus.com/wp-content/plugins/newkarma-core/lib/breadcrumbs.php on line 87

Koptan Makmur Binaan KTNA Batu Bara Panen Bawang Merah

Daerah38 Dilihat

incarkasus.com, Batu Bara 02 Februari 2021

Kelompok Tani (Koptan) Makmur Desa Tanah Timbul Kecamatan Sei Balai binaan Kontak  Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten  Batu Bara meski ditengah-tengah kesulitan ekonomi sebagai dampak Covid-19, namun berhasil melahirkan inovasi dengan diversifikasi pangan.

Kelompok tani binaan KTNA Kabupaten  Batu Bara tersebut berhasil membudidayakan tanaman horti bawang merah yang sejatinya merupakan tanaman pengunungan dan daerah dingin.

Bahkan dengan luas areal 10 rantai (4000 m2) kelompok Tani Makmur telah memanen bawang, Selasa (2/2/2021) dengan hasil melimpah.

Ketua KTNA Kabupaten Batu Bara Selamat Arifin yang ikut melaksanakan pemanenan bawang menyampaikan apresiasi atas inovasi dan keuletan kelompok tani yang mampu menghasilkan panen bawang merah di tanah pesisir seperti Batu Bara.

“Kita apresiasi upaya Kelompok Tani Makmur yang telah berhasil panen bawang merah. Ini sangat luar biasa ditengah tengah kesulitan ekonomi dimasa Covid-19”, ucap mantan Ketua DPRD Batu Bara itu.

Disebutkan Selamat, langkah petani kelompok ini berhasil merubah mainset (pola pikir) petani dan meningkatkan pendapatannya di suasana Covid-19 ini. “Tanaman subur petani makmur. Wabah kabur”, serunya.

Senada, pengusaha Muda yang juga pengurus KTNA Bidang Koperasi dan UMKM Samsuddin menyatakan KTNA terus berkomitmen  membantu pemerintah.

KTNA terus mengajak para petani untuk merubah mainsetnya agar bisa menjadi petani yang handal, unggul dan mampu sebagai pelaku usaha untuk membangkitkan Ekonomi Kreatif dengan kearifan lokal di suasana pandemik Covid-19 ini.

“Petani bisa bertahan di suasana wabah ini, untuk menjaga ketahanan pangannya bila kita berinovasi untuk melakukan diversifikasi tanaman”, sebut Samsuddin.

Setelah dipanen, bawang merah diangin-anginkan di tempat teduh milik Kelompok Tani Makmur  untuk pengeringan secara alami.

EP/ Batu Bara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *