Disdik Batu Bara Gelar Diklat Pengembangan Kompetensi Calon Kasek

incarkasus.com, Batu Bara 07 Februari 2021

Dimaksudkan memberikan kesempatan kepada guru profesional atau guru potensial untuk memiliki kompetensi dalam bidang kepala sekolahan sehingga siap untuk memangku jabatan Kepala Sekolah (Kasek) secara profesional, Dinas Pendidikan Kabupaten Batu Bara menggelar Pendidikan dan latihan (Diklat).

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Batu Bara Ilyas Sitorus melalui pesan Whatsappnya, Minggu (7/2/2021)  menjelaskan Diklat dilaksanakan di Griya Hotel Medan 7 sd 11 Februari 2021 dengan pola In dan On selama 300 jam pelajaran atau setara 3 bulan pendidikan.

Dijelaskan Ilyas, kegiatan diklat in service learning  bertujuan untuk mengembangkan kompetensi calon kepala sekolah pada dimensi-dimensi kompetensi kepribadian, manajerial, kewirausahaan, supervisi, dan sosial berdasarkan Analisis Kebutuhan Pengembangan Keprofesian (AKPK).

“Jadi Diklat ini selain melatih kompetensi calon kepala sekolah pada Manajerial, dan Pengembangan Sekolah Berdasarkan 8 Standart Nasional Pendidikan juga akan membangun komitmen calon Kepala Sekolah dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran menuju standar nasional pendidikan  sehingga dapat mewujudkan program sekolah penggerak”,  tambah Ilyas.

Disampailan Ilyas pada kegiatan tersebut Ketua Panitia Diklat, Ruslan yang juga Kabid  GTK mengatakan bahwa diklat ini bermanfaat sekali untuk meningkatkan kompetensi calon kepala sekolah pada Manajerial dan Kepemimpinan calon kepala sekolah dan merupakan lanjutan kegiatan OJT (on job training) 1 telah dilaksanakan pada sabtu, 30 januari 2021 lalu.

Diklat ini merupakan rangkaian dari tahapan program penyiapan calon kepala sekolah yakni seleksi administrasi, seleksi substansi dan diklat calon kepala sekolah yang telah diselenggarakan pada anggaran 2020 yang lalu dengan menghasilkan 34 org lulusan seleksi substansi dari 51 org yg mengikuti, tambah Ruslan.

Program diklat calon kepala sekolah dilaksanakan dengan pola luring melalui konsep on-in-on-in dengan rincian 70 JP in service learning 1, 200 JP on the job learning dan 30 JP in service learning 2, sehingga total 300 JP yang diikuti oleh 34 orang calon kepala sekolah terdiri dari jenjang SD 22 orang dan SMP 12 orang dengan pelaksana adalah UPT LPMP Sumatera Utara bekerjasama dengan LPPKS Solo dan Dinas Pendidikan Batu Bara yang dibantu dengan Pengajar Diklat.

EP/ Batu Bara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *