Prajurit Marinir Pasmar 3 Melaksanakan Latihan Pertempuran Kota

Incarkasus.com 2 November 2021

Komandan Pasmar 3 Brigjen TNI (Mar) Y. Rudy Sulistyanto, S.E memimpin langsung kegiatan latihan Pertempuran Kota atau Military Operations On Urban Terrain (MOUT) dari  Brigade Infanteri 3 Marinir (Brigif 3 Mar) TA.2021 dengan tema “Pasmar 3 Melaksanakan Operasi Pertempuran Kota di Katapop, Sorong, Papua Barat, Guna Meningkatkan Kemampuan dan Kesiapan Satuan Dalam Rangka Mendukung Tugas Korps Marinir” bertempat di Katapop, Distrik Salawati, Kab. Sorong, Papua Barat. Rabu (2/11/2021).

Menurut Danpasmar 3 saat di wawancarai awak media mengatakan bahwa, mengatakan bahwa Korps Marinir melalui Pasmar 3 berupaya membina kemampuan dan meningkatkan kualitas tempur satuan-satuan Korps Marinir untuk menghadapi tugas-tugas di masa yang akan datang, salah satu kemampuan yang harus dimiliki adalah bagaimana melaksanakan operasi pertempuran kota, dimana latihan tersebut merupakan pertama kali yang dilaksanakan oleh Pasmar 3.

Latihan ini huga adalah wujut dari upaya korps marinir melalui pasmar 3 dalam membina kemampuan dan meningkatkan kualitas tempur dari satuan – satuan korps marinir untuk menghadapi tugas di masa yang akan datang dan salah satunya adalah kemampuan yang dapat di miliki adalah bagaimana melaksanakan operasi pertempuran kota,seperti yang kita ketahui bersama bahwa dalam peperangan kota dan  medan yang di hadapi lebih kompleks dan rumit,sehingga kita membutuhkan latihan khusus dengan taktik dan teknik yang spesifik,”ujarnya”.

Lanjut Danpasmar 3,bahwa sepanjang sejarah peperangan kota selalu memiliki arti penting baik sebagai sebagai wilayah yang harus dipertahankan maupun wilayah yang harus dapat di rebut,karena perkotaan merupakan pusat populasi,transportasi,insfranstruktur pada pemerintahan kota,sehingga dimana prajurit pasmar 3 marinir yang dapat mampu menguasai kota dan akan bisa dapat memenangkan pertempuran.

“Perkotaan merupakan pusat populasi, jaringan transportasi, infrastruktur Pemerintahan, sumber kesejahteraan, pusat industri, jaringan informasi serta kunci jaringan komunikasi keseluruh wilayah disuatu negara,” jelasnya.

Lebih lanjut, tujuan dari latihan ini adalah mewujudkan akuntabilitas sebagai pertanggung jawaban Koprs Marinir dalam manivestasi pembinaan dan memelihara serta meningkatkan kesiapsiagaan prajurit Korps Marinir untuk melaksanakan tugas operasi sesuai perintah satuan atas, dengan sasaran mampu meningkatkan kemampuan dan keterampilan teknis serta taktis tentang manuver peperangan kota.

“Untuk itu laksanakan latihan dengan sebaik-baiknya guna membina kemampuan dan meningkatkan kualitas tempur satuan-satuan dibawah jajaran Pasmar 3 untuk menghadapi tugas dimasa yang akan datang.
Latihan ini di laksanakan selama sembilan hari yang di bagi menjadi dua tahap yaitu latihan teknik dan latihan taktik.Pada latihan pertempuran ini kami juga melibatkan 255 personel dari pasmar 3 terdiri dari 195 pelaku dan 60 personel sebagai pelatih dan pendukung.tutup Danpasmar 3.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wadan Pasmar 3 Kolonel Mar Agung Trisnanto, para Asisten Danpasmar 3, para Dankolak/Satlak Pasmar 3 dan para Perwira Staf Operasi Pasmar 3,”tuturnya.

Red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *